Minggu, 24 Maret 2013

Soal kelas IX

SOAL LATIHAN UJIAN SEKOLAH DAN UJIAN NASIONAL KELAS IX

1.        Perhatikan ilustrasi berikut!
Pak Darmawan bermaksud memberikan santunan kepada Panti Asuhan Darul Aitam di kapungnya. Dia menyurati adik-adiknya yang berada di luar kota untuk membantu kegiatannya.
Isi surat pribadi yang sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah ...
A.  Bagaimana kabarnya Dinda, semoga Dinda dan keluarga dalam keadaan sehat. Kanda pun di  Boyolali  dalam keadaan sehat. Bagaimana ananda       Santi jadi kuliah di mana? Kalau boleh ngasih saran sih mendingan Santi         kuliah di Jakarta saja.
B.  Dinda, kanda  punya maksud, mudah-mudahan maksud kanda ini berkenan juga untuk Dinda. Di kompleks kanda ada panti asuhan gimana kalau setiap bulannya Dinda sisihkan rezeki untuk diberikan kepada mereka.
C.  Anaknya baik-baik kok. Kalau saran Kakanda sih mendingan Dinda mengadopsi salah satu dari mereka anggap saja kita membantu mereka. Lagian panti asuhan tersebut administrasi bagus.
D.  Mudah-mudah maksud kanda ini berkenanjuga di keluarga Dinda. Ingat yang dikatakan orang tua kita dulu. Bahwa rezeki yang kita peroleh 2,5% milik orang lain dan itu harus kita keluarkan.
2.        Perhatikan ilustrasi berikut!
OSIS SMP Duta Prima Jogja. Tetapi dalam waktu yang bersamaan kami pun sedang persiapan Pensi dalam rangka HUT sekolah kami. Kami yakin tanpa kehadiran kami pun kegiatan tersebut akan sukses.
Demikian surat balasan dari kami. [ … ]. Mudah-mudahan di lain waktu kami dapat berpartisipasi.
                             
            Ketua,                                                              Sekretaris,                                                            
               Bagus Sudibyo                                                 Intan Pertiwi
Kalimat yang tepat untuk melengkapi (penutup) surat tersebut adalah …
A.    Kami mengucapkan terima kasih atas perhatian Saudara.
B.     Kami akan akhiri surat ini dengan ucapkan terima kasih.
C.     Inilah yang dapat kami sampaikan sekian terima kasih
D.    Atas perhatiannya, kami ucapkan  banyak terima kasih. 





3.        Perhatikan kalimat-kalimat laporan berikut!
(1)Sekilas rangkaian acara upacara bendera tersebut memang tidak ada bedanya dengan di tanah air.
(2)Kendati dilkukan pada musim panas, tidak menyurutkan niat mereka memperingati HUT Kemerdekaan Indonesia.
(3)Lagu Indonesia Raya berkumandang di halaman KBRI Roma, Italia.
(4)Lebih dari 100 warga Indonesia memadati lapangan depan KBRI.
(5)Namun, momen ini sangat ditunggu oleh masyarakat Indonesia yang bermukim di Italia.
Kalimat-kalimat tersebut akan menjadi sebuah laparan yang baik dengan susunan ...
  1. (4), (1), (2), (5), (3)                             
  2. (3), (4), (1), (2), (5)                                         
  3. (3), (1), (5), (4), (2)
  4. (1), (3), (4), (5), (2)
4.        Perhatikan petunjuk berikut!
Petunjuk mengirim berita melalui email:
(1)   Masukkan/ketik alamat email.
(2)   [ … . ]
(3)   Setelah itu klik ‘masuk’ email akan terbuka.
(4)   Ketik berita yang akan disampaikan pada kolom berita
(5)   [ … . ]
(6)   Klik ‘kirim’
(7)   Pengiriman berita berlangsung.
Kalimat yang tepat untuk melengkapi petunjuk tersebut adalah 
  1. (2) Email akan terbuka
            (5) Ketik pasword yang akan dikirimi berita.
  1. (2) Ketik /masukkan pasword
            (5) Ketik alamat email yang akan dikirimi berita
  1. (2) Masukkan pada kolom berita email penerima
            (5) Ketik pasword yang akan dikirimi berita.
  1. (2) Email akan terbuka
     (5) Ketik alamat email yang akan dikirimi berita
5.        Perhatikan Ilustrasi berikut!
Pembina ekstrakurikuler bidang PMR  akan membuka pendaftaran  anggota baru bagi kelas VII.
Isi pengumuman yang sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah ...
  1. Siswa kelas VII yang akan mengikuti PMR segera mendaftarkan diri ke bagian OSIS
  2. Anggota PMR kelas VII yang akan mengikuti latihan PMR segera mendaftarkan diri.
  3. PMR membuka pendaftaran kelas VII yang berminat segera mendaftarakan diri.
  4. Kelas VII yang  berminat menjadi anggota PMR segera mendaftarkan diri.


6.        Bacalah kutipan wawancara berikut dengan cermat!
(1)   Ucok : ”Apa saja kegiatan yang akan diadakan dalam rangka perpisahan sekolah kali ini?”
(2)   Joko  : ”Pentas musik dan beberapa perlombaan bidang seni.”
(3)   Ucok : ”Selain itu, adakah kegiatan lain yang bisa diikuti para siswa di sini?”
(4)   Joko  : ”Oya, masih ada perlombaan lainnya, yakni lomba karya ilmiah dan lomba kebersihan kelas.”
Bentuk kalimat tidak langsung dari dialog nomor (4) yang paling tepat adalah ...
  1. Joko mengatakan bahwa, masih ada beberapa perlombaan lainnya yak=ng dpat diikuti para siswa yakni lomba karya ilmiah dan lomba kebersiah kelas.
  2. Joko menanyakan apakah ada perlombaan lain yang dapat diikuti oleh para siswa selai lomba bidang seni?
  3. Joko berkata, Oya, masih ada perlombaan lainnya, yakni lomba karya ilmiah dan lomba kebersihan kelas
  4. Joko bertanya, Apa saja kegiatan yang akan diadakan dalam rangka perpisahan sekolah kali ini?
7.        Perhatikan ilustrasi berikut!
OSIS SMP Duta Prima akan membentuk panitia perpisahan kelas IX. Ketua OSIS segera meminta sekertarisnya untuk membuat surat undangan.
Isi pesan singkat sesuai ilustrasi tersebut adalah ...
  1. Segera bentuk panitia perpisahan kelas IX, baik dari pengurus OSIS maupun dari ketua-ketua kelas.
  2. Undang seluruh pengurus OSIS dan ketua-ketua kelas untuk pembentukan panitia perpisahan kelas IX.
  3. Acara perpisahan kelas IX sudah dekat seluruh panitia harap diundang secepatnya termasuk ketua kelas.
  4. Saudara sekertaris segera undang seluruh panitia perpisahan kelas IX termasuk ketua-ketua kelas
8.        Bacalah teks berikut dengan saksama!
Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Yogyakarta telah berupaya untuk melestarikan vanda tricolor. Usaha itu antara lain melalui pembentukan unit pelaksana budidaya kelompok tani konservatif. Kelompok ini sudah berjalan 3,5 tahun. Tetapi sampai saat ini belum menunjukkan perkembangan memuaskan.
        Jenis anggrek  (vanda tricolor) yang termasuk langka ini,  sekarang hampir punah.  BKSDA menawarkan kepada semua pihak yang ingin menanam dan membudidayakan anggrek khas lereng Merapi ini. Pihak BKSDA akan memberikan bibit anggrek kepada siapa pun yang berniat membudidayakannya. Selain itu, pihak BKSDA juga siap memberikan pengetahuan tentang cara membudidayakan anggrek ini.
Rangkuman bacaan tersebut adalah ...


A.  BKSDA melakukan berbagai upaya untuk melestarikan anggrek jenis vanda  tricolor  dengan cara memberikan bibit dan penyuluhan.
B.  Berbagai upaya  dilakukan untuk melestarikan anggrek vanda tricolor karena anggrek jenis ini termasuk  langka dan hampir punah.
C.  Berbagai pihak sudah berupaya untuk melestarikan anggrek jenis     vanda tricolor ini, di antaranya melalui pemberian bibit kepada           masyarakat.
D.  Anggrek yang hidup di lereng Gunung Merapi ini sudah dibudidayakan oleh Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Yogyakarta melalui penyuluhan.
9.        Perhatikan ilustrasi berikut!
Seseorang  membakar sampah dekat alang-alang yang sudah kering. Entah dia mau ke mana bakaran sampah itu dia tinggalkan begitu saja. Akhirnya terjadi kebakaran. Kebakaran itu tidak sempat menyambar ke rumah warga.
Teks berita yang sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah ...
A.    Pada musim kemarau yang panjang ini banyak pepohonan yang kering. Begitu pun  rerumputan dan alang-alang. Kebakaran alang-alang telah terjadi di RT 007/09 Marunda. Kebakaran tersebut tidak menimbulkan korban jiwa. Tetapi kebakaran tersebut membuat panik warga yang rumahnya dekat alang-alang tersebut. Kebakaran itu bermula dari seseorang yang membakar sampah dan ditinggal.
B.     Kebakaran sampah dan alang-alang telah terjadi di ibu kota. Kebakaran tersebut diakibatkan kemarau yang panjang. Sehingga banyak pohon dan alang-alang yang        kering. Tentu hal ini mudah untuk terbakar. Apalagi jika ada orang dengan sengaja membakar sampah dan dibiarkan begitu saja sehingga api merembet ke tempat lain yang ada di sekelilingnya.
C.     Beberapa mobil pemadam telah didatangkan untuk memadamkan kobaran api yang menghanguskan beberapa rumah yang terletak di pinggir tumpukan sampah. Kebakaran ini diperparah lagi dengan musim kemarau yang  panjang sehingga rumput dan alang-alang di sekitarnya ikut terbakar. Kejadian ini sontak saja membuat         warga menjadi panik. Apalagi saat itu angin kencang ke arah rumah warga.
D.    Seseorang tertangkap warga karena telah sengaja membakar alang-alang yang berada di tengah pemukiman. Kebakaran itu tentu saja membuat warga menjadi panik. Walaupun kebakaran itu tidak menimbulkan korban jiwa tetapi asap yang ditimbulkannya sangat hitam pekat. Kotoran dan abu yang diterbangkan asap tersebut membuat rumah warga menjadi kotor.
10.    Perhatikan ilustrasi berikut!
Ketua RW 005 Kelurahan Sosromenduran mengajak warga untuk menanam pohon walaupun hanya sebatang di pekarangan rumahnya.                                        
Slogan yang sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah ...
A. Rumah tanpa pohon, ih gersang perasaanya
B. Tanam pohon hari ini besok udara jadi bersih
C. Hijau pekarangannya damailah penghuninya
D. Tanam satu pohon di mana saja demi semua

11.    Perhatikan data barang berikut!
No
Nama
Uraian
1
Jenis
Motor
2
Merk
Honda
3
Spesifikasi
Warna hitam, STNK panjang, orang pertama, tahun 2009
4
Harga
9 juta-an bisa ditawar
5
Identitas pemilik
Sartubi, Rorotan IX/1 – Cilincing – 44851246
Iklan baris yang tepat sesuai ilustrasi tersebut adalah ...
A. DIJUAL mtr Honda, STNK panjang, 9 jt, Sartubi
     44851246
B. MOTOR dijual, htm, STNK lama, tgn pertama, 9 jt
     tahun 2009, Rorotan IX/1 Cilincing
C. DIJUAL mtr Honda, th 2009, tgn pertama, htm,
     STNK lama, 9 jt nego, Hub. 44851246
D. SARTUBI jual mtr Honda, hitam, STNK baru, tahun
     Muda 2009, tangan pertama, 9 jutaan, ditawar
            Hub. Rorotan IX/1 Cilincing
12.    Perhatikan data buku berikut!
No
Data buku
Uraian
1
Judul
Alam Semesta yang Menakjubkan
2
Penulis
Firman Sujadi
3
Penerbit
Bee Media Indonesia
4
Tahun
2009
5
Kota
Jakarta
6
Kelemahan
Tulisannya terlalu kecil
7
Keunggulan
Gambarnya menarik dan uraian mudah dipahami
Paragraf resensi yang sesuai dengan data tersebut adalah ...
A.  Buku yang disusun oleh Firman Sujadi ini mengupas masalah alam semesta. Buku ini diterbitkan Bee Media Indonesia, tahun 2009. Alam semesta khususnya angkasa raya dijelaskan pada buku tersebut dengan uraian-uraian yang sederhana. Gambar-gambar dalam buku tersebut samarkarena tulisannya kecil-kecil.
B.   Buku yang menyingkap angkasa raya ini ditulis oleh Firman Sujadi. Buku yang diterbitkan oleh Bee Media Indonesia ini mulai diedarkan di Jakarta tahun 2009. Alam semesta yang maha luas ini dilukiskan dengan gambar yang menarik. Uraiannya pun sangat mudah dipahami. Hanya sayang tulisannya terlalu kecil sehingga merepotkan pembaca.


C.  Buku ini mengungkapkan rahasia  alam semesta. Buku yang diterbitkan oleh Bee Media Indonesia Jakarta tahun 2009 tidak menyertakan gambar di dalamnya. Walaupun uraian sangat sederhana sehingga mudah dipahami tetapi kurang menarik. Hal ini diperparah lagi dengan tulisannya yang terlalu kecil.
D.   Jarang dijumpai buku yang mengungkapkan ruang angkasa semendetail ini. Gambarnya berwarna seolah-olah pembaca diajak melihat yang aslinya. Uraiannya pun tidak terlalu sulit dipahami. Buku yang diterbitkan Bee Media Indonesia ini sudah habis terjula sejak tahun 2009. Memang buku ini tidak cacatnya.
13.    Bacalah kalimat berikut dengan saksama!
Candi ini beridiri di Lereng barat gunung Lawu, pada ketinggian 910 meter di atas permukaan Laut.
Perbaikan penggunaan huruf kapital pada kalimat tersebut adalah ...
  1. Candi ini beridiri di lereng Barat Gunung lawu, pada ketinggian 910 meter di atas permukaan laut.
  2. Candi ini beridiri di lereng barat Gunung  Lawu, pada ketinggian 910 meter di atas permukaan laut.        
  3. Candi ini beridiri di lereng Barat Gunung Lawu, pada ketinggian 910 meter di atas permukaan Laut.       
  4. Candi ini beridiri di lereng barat gunung lawu, pada ketinggian 910 meter di atas permukaan laut.
14.    Bacalah kalimat berikut dengan saksama!
Hah Paman. Aku tak bawa uang sebanyak itu  Kita ke ATM saja  kata Husin
Penggunaan tanda baca pada kalimat tersebut yang tepat adalah ...
A.“Hah Paman.”  “Aku tak bawa uang sebanyak itu.”  “Kita ke ATM saja  kata Husin”
B. Hah, Paman. “Aku tak bawa uang sebanyak itu,”  Kita ke ATM saja  kata Husin.
C. Hah,  Paman. Aku tak bawa uang sebanyak itu  Kita ke ATM saja,  “kata Husin.”
D. “Hah, Paman. Aku tak bawa uang sebanyak itu. Kita ke ATM saja,” kata Husin.
15.    Bacalah kalimat berikut dengan saksama!
       Rambut yang merupakan mahkota bagi wanita hendaknya harus dijaga setiap helainya.
       Perbaikan kalimat tersebut yang tepat adalah ...
A. Rambut  merupakan mahkota  hendaknya harus dijaga setiap helainya.
B. Rambut merupakan mahkota wanita yang harus dijaga setiap helainya.
C. Rambut  merupakan mahkota  wanita hendaknya harus dijaga setiap helainya.
D. Rambut yang merupakan mahkota  wanita hendaknya harus dijaga setiap helainya.



 


16.    Bacalah kutipan pidato berikut ini dengan saksama!
MTs. Insan Cendekia mengadakan peringatan Hari R.A. Kartini. Kegitan tersebut selain upacara juga diadakan lomba-lomba yang berhubungan dengan wanita. Misalnya menjahit, berbusana, merias wajah, memasak, dll.
         Paragraf pembuka pidato sesuai dengan kegiatan tersebut adalah ...
A.  Perjuangan Beliau mengangkat harkat dan martabat kaum wanita Indonesia patut dikenang sepanjang hayat. Kita tidak bisa membayangkan seperti apa jadinya jika wanita-wanita Indonesia hanya berada di barisan belakang. Kini wanita Indonesia mampu menyejajarkan dirinya dengan kaum pria. Bahkan dalam hal tertentu mereka bisa melebihinya. Tentunya dengan segala kemampuan dan talenta yang dimilikinya.
B.  Saat itu wanita Indonesia hanya sebagai perlengkapan perhiasan kaum pria. Beliau sangat prihatin dengan keadaan tersebut. Beliau curahkan segala kegalauan hatinya melalui surat-   suratnya yang dikirim kepada teman-temannya di luar negeri. Beliau berjuang agar harkat dan       martabat kaum wanita dapat sejajar dengan kaum pria. Perjuangan beliau tidak sia-sia kini           kaum wanita Indonesia sudah menikmatinya.
C.  Setiap tanggal 21 April bangsa Indonesia memperingati lahirnya R.A. Kartini. Beliau adalah         tokoh emansipasi wanita di Indonesia. Berkat perjuangan beliau yang gigih dan tak kenal            menyerah bahkan sampai akhir hayatnya. Maka  kita sebagai bangsa yang besar akan selalu     mengenang dan meneruskan perjuangan para pahlawannya. Oleh karena itulah setiap        tanggal 21 April kita peringati sebagai Hari Kartini.
D.   Inilah makna di balik peringatan Hari Kartini. Bukan sekadar seremonial, lomba-lomba atau             pertandingan-pertandingan saja. Kita harus dapat merenungi dan bertekad dalam hati untuk             meneruskan perjuangan Beliau. Karena apa yang telah Beliau rintis saat itu merupakan       perjuangan besar bagi bangsa ini. Semoga peringatan ini akan lebih membangkitkan kembali     semangat kaum wanita di Insonesia.
17.    Bacalah kutipan surat pembaca berikut dengan saksama!
Sampah berserakan di mana-mana. Tempat sampah nyaris tidak ada. Kusen dan kaca jendela kusam seperti rumah tua tanpa penghuni.
       Kalimat surat pembaca yang sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah ...
A.  Kami sangat khawatir melihat kondisi sekolah kami. Kami belajar tidak  tenang. Kami takut sewaktu-waktu bangunan ini menimpa kami. Tolong Pak perbaiki sekolah kami.
B.  Bagaimana kami tidak sedih melihat sampah memenuhi kelas kami. Kami belajar menjadi tidak nyaman. Padahal tong sampah hanya berjarak beberapa meter saja.
C.  Teman-teman siapa lagi yang akan menjaga kebersihan sekolah kita kalau bukan kita. Buanglah sampah pada tempatnya. Kami pun berharap kepada           Bapak Kepala Sekolah untuk menambah tong-tong sampah lagi.
D.  Sampah ini sudah menjadi musuh kita bersama. Tetapi musuh yang paling nyata adalah diri kita sendiri. Kita belum juga sadar untuk membuang sampah pada tempatnya. Kemalasan kita telah menjadikan lingkungan kita kumuh dan kotor.

18.    Bacalah tema karya ilmiah berikut ini dengan saksama!
Tema: Peranan  upacara pengibaran bendera dalam meningkatkan disiplin siswa.
Rumusan masalah karya ilmiah sesuai tema tersebut adalah ...
A. Bagaimana  tata cara upacara bendera bagi siswa yang disiplin di sekolah?
B. Bagaimana peran siswa  dalam  pelaksanaan upacara pengibaran bendera?
C. Bagaimana peranan  upacara bendera  dalam meningkatkan disiplin siswa?
D. Bagaimana disiplin siswa  dalam berperan di upacara pengibaran bendera?
19.    Bacalah simpulan karya ilmiah berikut ini dengan saksama!
Masa remaja masa di mana anak manusia mulai mencari identitas diri. Pencarian identitas dilakukan dengan berbagai cara. Cara yang paling populer adalah dengan mengidolakan seorang tokoh. Tokoh yang diidolakan perkataannya, perbuatannya, dan pola pikirnya akan ikut memberi  warna pada remaja tersebut.
Para remaja akan berkata, berbuat, dan berpola pikir seperti tokoh yang diidolakannya. Peranan tokoh idola sangat penting dalam kehidupan masa remaja. Keluarga dan anggota-anggotanya sebagai idola remaja sangat penting perananya.
Kalimat saran yang sesuai dengan simpulan karya ilmiah tersebut adalah ...
A. Remaja sebaiknya jangan sering keluar rumah seperti orang dewasa.
B. Carikan tokoh idola yang baik untuk para remaja bekal kehidupannya.
C. Keluarga hendakanya memenuhi segala kebutuhan anak usia remaja.
D. Keluarga hendaknya membimbing anaknya dalam mencari tokoh idola.
20.    Perhatikan data buku berikut!
No
Uraian Data
Buku 1
Buku 2
1
Judul
Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia
Teori Pengkajian Fiksi
2
Pengarang
Sabarti Akhdiah
Burhan Nurgiyantoro
3
Tahun terbit
1994
1994
4
Kota terbit
Jakarta
Yogyakarta
5
Penerbit
Erlangga
Gajah Mada University Press
Penulisan daftar pustaka yang tepat dari kedua data buku tersebut adalah …
A.  Akhdiah, Sabarti. 1994. Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.
Nurgiyantoro, Burhan. 1994. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.
B.  Nurgiyantoro, Burhan. 1994. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.
C.  Sabarti, Akhidiah. Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga. 1994
Nurgiyantoro, Burhan. 1994. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

D.  Akhdiah, Sabarti. 1994: Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta. Erlangga.
Nurgiyantoro, Burhan. 1994: Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.
21.    Perhatikan  pantun berikut!
(1) Di  Madura lihat karapan
(2) [ … ]
(3) [ … ]
(4)Tua sengsara tiada guna
Larik yang tepat untuk melengkapi pantun tersebut adalah ...
A. (2) Karapan sapi diadu lari
    (3) Waktu dibuang-buang
B. (2) Di Sumbawa ada kuda
    (3) Kuda benggala dari India
C.(2) Mampir sejenak di Surabaya
    (3) Masa muda disia-siakan
D.(2) Adu domba di Cianjur
    (3) Masa muda sudah terlanjur
22.    Perhatikan pilihan kata pada puisi berikut dengan saksama!
Kemarau menjulurkan lidahnya
[ … ](1) bercabang-cabang
Menjilati bumi,  terbelah
Menjilati alang-alang, meranggas
Menjilati ranting,  kering
Menjilati sawah,  petani [ … ](2)
Kemarau memutar lidah
Porak-porandakan semua
Kata yang tepat untuk melengkapi puisi tersebut adalah ...
A. (1) lurus, (2) susah
B. (1) luas, (2) menangis
C. (1) panas, (2) sengsara
D. (1) panjang, (2) merintih
23.    Perhatikan kutipan drama berikut.
(1)Asdiarti: Kamu mau? (mengeluarkan sesuatu)
(2)Yanti    : Apa ini?
(3)Asdiarti: Bawalah kalau kau mau. Kau akan memperoleh ketenangan.
(4)Yanti    : (Memandangnya lalu mengambilnya di atas meja)
(5)Asdiarti: Ambillah. Simpanlah di tasmu. Jangan sampai kelihatan guru
                   kita.


(6)Yanti    : (Memandang penuh ketidakmengertian)
(7) Asdiarti: Kalau kau tak mau,  biarlah kusimpan sendiri. Ini cukup mahal… (menyimpan sesuatu itu lalu menyimpannya sendiri kembali)
Perbaikan petunjuk laku dialog (4) kutipan naskah drama tersebut adalah ...
A. Memasukkannya ke dalam tasnya.
B. Menerima lalu diletakkan di atas meja.
C. Memandang sesuatu itu dan membiarkannya.
D. Mengambilnya satu per satu sesuatu itu dimasukkannya.
24.    Bacalah kutipan cerpen berikut.
“Ya. Engkau makan serabi untuk Bibi Maya,” kata ibu sambil memandanginya.
“Tidak mungkin. Bagaimana Ibu …”
“Bagaimana ibu bisa tahu,  maksudmu? Tentu saja ibu tahu, Budi. Setiap perbuatan yang tidak baik pasti akan diketahui orang. Engkau makan! Yaa atau tidak?” tanya dengan lembut.
Budi tercengang memandang ibunya. Ternganga mulutnya keheranan.
“Budi, yaa atau tidak? Haruskah ibu tunjukkan buktinya?”
Budi tetap keras kepala. Dia menggeleng keras-keras.
“Eh, engkau mau lihat surat Bibi Maya?” Pucat dia.
“Ya atau tidak?” kali ini ibu sungguh-sungguh marah. “Kau ambil, bukan?”
Budi mengangguk takut-takut.
Naskah drama yang sesuai dengan kutipan cerpen tersebut adalah ...
A. Budi    : (terdiam tidak berkata sepatah kata pun)
     Ibu       : Engkau makan! Yaa atau tidak? (suara lembut)
     Budi    : (terdiam dan tercengang)Ya, Bu. (suaranya pelan)
     Ibu       : Budi, yaa atau tidak? Haruskah ibu tunjukkan buktinya?
     Budi    : Ya, Bu (suaranya lebih keras)
     Ibu       : Eh, engkau mau lihat surat Bibi Maya?
     Budi    : Bu, aku pucat.
     Ibu       : Ya atau tidak? (mulai marah) Kau ambil, bukan?
     Budi    : (mengangguk takut-takut)
B.  Ibu      : Engkau makan serabi untuk Bibi Maya.
     Budi    : Tidak mungkin. Bagaimana Ibu …
Ibu    : (memotong) Bagaimana ibu bisa tahu,  maksudmu? Tentu saja ibu tahu Budi. Setiap perbuatan yang tidak baik pasti akan diketahui orang. Engkau makan! Yaa atau tidak? (suara lembut)
            Budi    : (terdiam dan tercengang)
            Ibu       : Budi, yaa atau tidak? Haruskah ibu tunjukkan buktinya?
            Budi    : (menggelengkan kepala)
            Ibu       : Eh, engkau mau lihat surat Bibi Maya?


            Budi    : (wajahnya pucat)
            Ibu       : Ya atau tidak? (mulai marah) Kau ambil, bukan?
            Budi    : (mengangguk takut-takut)
C.  Ibu      : Engkau makan serabi untuk Bibi maya?
      Budi   : (terdiam tidak berkata sepatah kata pun)
      Ibu      : Engkau makan! Yaa atau tidak? (suara lembut)
      Budi   : (terdiam dan tercengang)Ya, Bu. (suaranya pelan)
      Ibu      : Budi, yaa atau tidak? Haruskah ibu tunjukkan buktinya?
      Budi   : Ya, Bu (suaranya lebih keras)
      Ibu      : Eh, engkau mau lihat surat Bibi Maya?
      Budi   : Bu, aku pucat.
      Ibu      : Ya atau tidak? (mulai marah) Kau ambil, bukan?
      Budi   : (mengangguk takut-takut)
D. Ibu       : Engkau makan serabi dengan Bibi Maya.
     Budi    : Tidak mungkin. Bagaimana Ibu …
     Ibu      : (memotong) Bagaimana ibu bisa tahu,  maksudmu? Tentu saja ibu
               tahu, Budi. Setiap perbuatan yang tidak baik pasti akan diketahui
               orang. Engkau makan! Yaa atau tidak? (suara lembut)
     Budi    : (terdiam dan tercengang)
     Ibu       : Haruskah ibu tunjukkan buktinya kepada Budi?
     Budi    : (menggelengkan kepala)
     Ibu       : Eh, engkau mau lihat surat Bibi Maya?
     Budi    : (wajahnya pucat)
     Ibu       : Ya atau tidak? (mulai marah) Kau ambil, bukan?
     Budi    : (mengangguk takut-takut)
25.    Perhatikan kutipan naskah berikut!
Satilawati : Tidak ada sebab yang lain?  
Ishak        : (kemalu-maluan) Tentu ada. Engkau cantik.
Satilawati : [ … ](1)
Ishak        : Itu yang akan kuceritakan kepadamu sekarang. Aku dalam bahaya.
Satilawati : Bahaya apa?
Ishak        : Aku mungkin dipandang pengkhianat oleh rakyat.
Satilawati : Karena apa?
Ishak        : [ … ](2)
Satilawati : Romanmu itu, maksudmu?
Ishak        : Ya, “Hari ketiga Nippon di Indonesia”
Satilawati : Mengapa? Sudah diterbitkan, bukan?
Ishak        : Ya, semua hartaku telah habis kujual untuk menerbitkan buku itu. Rugi semata.


Dialog-dialog yang tepat untuk melengkapi naskah drama tersebut adalah ...
A. (1) Akan ke mana engkau pergi
     (2) Karena aku mengarang
B. (1) Tetapi mengapa?
     (2) Karena wajahku.
C. (1) Tapi mengapa engkau pergi?
     (2)  Karena karanganku.
D. (1)  Engkau akan ke mana?
     (2)  Aku mengarang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar