SOAL LATIHAN UJIAN SEKOLAH DAN UJIAN NASIONAL
KELAS IX
1.
Perhatikan ilustrasi berikut!
Pak Darmawan bermaksud memberikan santunan kepada Panti Asuhan Darul
Aitam di kapungnya. Dia menyurati adik-adiknya yang berada di luar kota untuk
membantu kegiatannya.
Isi surat pribadi yang sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah ...
A. Bagaimana kabarnya Dinda, semoga Dinda dan keluarga dalam keadaan sehat.
Kanda pun di Boyolali dalam keadaan sehat. Bagaimana ananda Santi jadi kuliah di mana? Kalau boleh
ngasih saran sih mendingan Santi kuliah
di Jakarta saja.
B. Dinda, kanda punya maksud,
mudah-mudahan maksud kanda ini berkenan juga untuk Dinda. Di kompleks kanda ada
panti asuhan gimana kalau setiap bulannya Dinda sisihkan rezeki untuk diberikan
kepada mereka.
C. Anaknya baik-baik kok. Kalau saran Kakanda sih mendingan Dinda mengadopsi
salah satu dari mereka anggap saja kita membantu mereka. Lagian panti asuhan
tersebut administrasi bagus.
D. Mudah-mudah maksud kanda ini berkenanjuga di keluarga Dinda. Ingat
yang dikatakan orang tua kita dulu. Bahwa rezeki yang kita peroleh 2,5% milik
orang lain dan itu harus kita keluarkan.
2.
Perhatikan ilustrasi berikut!
OSIS SMP Duta Prima Jogja.
Tetapi dalam waktu yang bersamaan kami pun sedang persiapan Pensi dalam rangka
HUT sekolah kami. Kami yakin tanpa kehadiran kami pun kegiatan tersebut akan
sukses.
Demikian surat balasan dari
kami. [ … ]. Mudah-mudahan di lain waktu kami dapat berpartisipasi.
Ketua, Sekretaris,
Bagus Sudibyo
Intan Pertiwi
Kalimat yang tepat untuk
melengkapi (penutup) surat tersebut adalah …
A.
Kami mengucapkan terima kasih atas perhatian Saudara.
B.
Kami akan akhiri surat ini dengan ucapkan terima kasih.
C.
Inilah yang dapat kami sampaikan sekian terima kasih
D.
Atas perhatiannya, kami ucapkan
banyak terima kasih.
3.
Perhatikan kalimat-kalimat laporan berikut!
(1)Sekilas
rangkaian acara upacara bendera tersebut memang tidak ada bedanya dengan di
tanah air.
(2)Kendati dilkukan pada musim
panas, tidak menyurutkan niat mereka memperingati HUT Kemerdekaan Indonesia.
(3)Lagu Indonesia Raya
berkumandang di halaman KBRI Roma, Italia.
(4)Lebih dari 100 warga
Indonesia memadati lapangan depan KBRI.
(5)Namun, momen ini sangat
ditunggu oleh masyarakat Indonesia yang bermukim di Italia.
Kalimat-kalimat tersebut akan
menjadi sebuah laparan yang baik dengan susunan ...
- (4), (1), (2), (5), (3)
- (3), (4), (1), (2), (5)
- (3), (1), (5), (4), (2)
- (1), (3), (4), (5), (2)
4.
Perhatikan petunjuk berikut!
Petunjuk
mengirim berita melalui email:
(1)
Masukkan/ketik alamat email.
(2)
[ … . ]
(3)
Setelah itu klik ‘masuk’ email akan terbuka.
(4)
Ketik berita yang akan disampaikan pada kolom berita
(5)
[ … . ]
(6)
Klik ‘kirim’
(7)
Pengiriman berita berlangsung.
Kalimat yang tepat untuk
melengkapi petunjuk tersebut adalah …
- (2) Email akan terbuka
(5)
Ketik pasword yang akan dikirimi berita.
- (2) Ketik /masukkan pasword
(5)
Ketik alamat email yang akan dikirimi berita
- (2) Masukkan pada kolom berita email penerima
(5)
Ketik pasword yang akan dikirimi berita.
- (2) Email akan terbuka
(5) Ketik alamat email yang akan dikirimi berita
5.
Perhatikan Ilustrasi berikut!
Pembina ekstrakurikuler bidang PMR akan membuka pendaftaran anggota baru bagi kelas VII.
Isi pengumuman yang sesuai dengan ilustrasi
tersebut adalah ...
- Siswa kelas VII yang akan mengikuti PMR segera mendaftarkan diri ke bagian OSIS
- Anggota PMR kelas VII yang akan mengikuti latihan PMR segera mendaftarkan diri.
- PMR membuka pendaftaran kelas VII yang berminat segera mendaftarakan diri.
- Kelas VII yang berminat menjadi anggota PMR segera mendaftarkan diri.
6.
Bacalah kutipan wawancara berikut dengan cermat!
(1) Ucok : ”Apa
saja kegiatan yang akan diadakan dalam rangka perpisahan sekolah kali ini?”
(2) Joko : ”Pentas musik dan beberapa perlombaan
bidang seni.”
(3) Ucok :
”Selain itu, adakah kegiatan lain yang bisa diikuti para siswa di sini?”
(4) Joko : ”Oya, masih ada perlombaan lainnya, yakni
lomba karya ilmiah dan lomba kebersihan kelas.”
Bentuk kalimat tidak
langsung dari dialog nomor (4) yang paling tepat adalah ...
- Joko mengatakan bahwa, masih ada beberapa perlombaan lainnya yak=ng dpat diikuti para siswa yakni lomba karya ilmiah dan lomba kebersiah kelas.
- Joko menanyakan apakah ada perlombaan lain yang dapat diikuti oleh para siswa selai lomba bidang seni?
- Joko berkata, Oya, masih ada perlombaan lainnya, yakni lomba karya ilmiah dan lomba kebersihan kelas
- Joko bertanya, Apa saja kegiatan yang akan diadakan dalam rangka perpisahan sekolah kali ini?
7.
Perhatikan ilustrasi berikut!
OSIS SMP Duta Prima akan membentuk panitia
perpisahan kelas IX. Ketua OSIS segera meminta sekertarisnya untuk membuat
surat undangan.
Isi pesan singkat sesuai ilustrasi tersebut
adalah ...
- Segera bentuk panitia perpisahan kelas IX, baik dari pengurus OSIS maupun dari ketua-ketua kelas.
- Undang seluruh pengurus OSIS dan ketua-ketua kelas untuk pembentukan panitia perpisahan kelas IX.
- Acara perpisahan kelas IX sudah dekat seluruh panitia harap diundang secepatnya termasuk ketua kelas.
- Saudara sekertaris segera undang seluruh panitia perpisahan kelas IX termasuk ketua-ketua kelas
8.
Bacalah teks berikut dengan
saksama!
Balai Konservasi
Sumber Daya Alam (BKSDA) Yogyakarta telah berupaya untuk melestarikan vanda
tricolor. Usaha itu antara lain melalui pembentukan unit pelaksana budidaya
kelompok tani konservatif. Kelompok ini sudah berjalan 3,5 tahun. Tetapi sampai
saat ini belum menunjukkan perkembangan memuaskan.
Jenis anggrek (vanda tricolor) yang termasuk langka
ini, sekarang hampir punah. BKSDA menawarkan kepada semua pihak yang
ingin menanam dan membudidayakan anggrek khas lereng Merapi ini. Pihak BKSDA
akan memberikan bibit anggrek kepada siapa pun yang berniat membudidayakannya.
Selain itu, pihak BKSDA juga siap memberikan pengetahuan tentang cara
membudidayakan anggrek ini.
Rangkuman bacaan
tersebut adalah ...
A. BKSDA melakukan berbagai upaya untuk melestarikan anggrek jenis vanda tricolor
dengan cara memberikan bibit dan penyuluhan.
B. Berbagai upaya dilakukan
untuk melestarikan anggrek vanda tricolor karena anggrek jenis ini
termasuk langka dan hampir punah.
C. Berbagai pihak sudah berupaya untuk melestarikan anggrek jenis vanda tricolor ini, di antaranya
melalui pemberian bibit kepada masyarakat.
D. Anggrek yang hidup di lereng Gunung Merapi ini sudah dibudidayakan
oleh Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Yogyakarta melalui penyuluhan.
9.
Perhatikan ilustrasi berikut!
Seseorang
membakar sampah dekat alang-alang yang sudah kering. Entah dia mau ke
mana bakaran sampah itu dia tinggalkan begitu saja. Akhirnya terjadi kebakaran.
Kebakaran itu tidak sempat menyambar ke rumah warga.
Teks berita yang sesuai dengan ilustrasi
tersebut adalah ...
A. Pada musim kemarau yang panjang
ini banyak pepohonan yang kering. Begitu pun
rerumputan dan alang-alang. Kebakaran alang-alang telah terjadi di RT
007/09 Marunda. Kebakaran tersebut tidak menimbulkan korban jiwa. Tetapi
kebakaran tersebut membuat panik warga yang rumahnya dekat alang-alang
tersebut. Kebakaran itu bermula dari seseorang yang membakar sampah dan
ditinggal.
B. Kebakaran sampah dan alang-alang
telah terjadi di ibu kota. Kebakaran tersebut diakibatkan kemarau yang panjang.
Sehingga banyak pohon dan alang-alang yang kering.
Tentu hal ini mudah untuk terbakar. Apalagi jika ada orang dengan sengaja membakar
sampah dan dibiarkan begitu saja sehingga api merembet ke tempat lain yang ada
di sekelilingnya.
C. Beberapa mobil pemadam telah
didatangkan untuk memadamkan kobaran api yang menghanguskan beberapa rumah yang
terletak di pinggir tumpukan sampah. Kebakaran ini diperparah lagi dengan musim
kemarau yang panjang sehingga rumput dan
alang-alang di sekitarnya ikut terbakar. Kejadian ini sontak saja membuat warga menjadi panik. Apalagi saat itu
angin kencang ke arah rumah warga.
D.
Seseorang tertangkap warga karena telah sengaja membakar alang-alang yang
berada di tengah pemukiman. Kebakaran itu tentu saja membuat warga menjadi panik.
Walaupun kebakaran itu tidak menimbulkan korban jiwa tetapi asap yang ditimbulkannya
sangat hitam pekat. Kotoran dan abu yang diterbangkan asap tersebut membuat
rumah warga menjadi kotor.
10. Perhatikan ilustrasi berikut!
Ketua RW 005 Kelurahan Sosromenduran mengajak
warga untuk menanam pohon walaupun hanya sebatang di pekarangan rumahnya.
Slogan yang sesuai dengan
ilustrasi tersebut adalah ...
A. Rumah tanpa pohon, ih gersang perasaanya
B. Tanam pohon hari ini besok udara jadi
bersih
C. Hijau pekarangannya damailah penghuninya
D. Tanam satu pohon di mana saja demi semua
11. Perhatikan data barang berikut!
No
|
Nama
|
Uraian
|
1
|
Jenis
|
Motor
|
2
|
Merk
|
Honda
|
3
|
Spesifikasi
|
Warna hitam,
STNK panjang, orang pertama, tahun 2009
|
4
|
Harga
|
9 juta-an bisa
ditawar
|
5
|
Identitas
pemilik
|
Sartubi,
Rorotan IX/1 – Cilincing – 44851246
|
Iklan baris yang tepat sesuai ilustrasi tersebut adalah ...
A. DIJUAL mtr Honda, STNK panjang, 9 jt, Sartubi
44851246
B. MOTOR dijual, htm, STNK lama, tgn pertama, 9 jt
tahun 2009, Rorotan IX/1
Cilincing
C. DIJUAL mtr Honda, th 2009, tgn pertama, htm,
STNK lama, 9 jt nego,
Hub. 44851246
D. SARTUBI jual mtr Honda, hitam, STNK baru, tahun
Muda 2009, tangan
pertama, 9 jutaan, ditawar
Hub.
Rorotan IX/1 Cilincing
12.
Perhatikan data buku berikut!
No
|
Data buku
|
Uraian
|
1
|
Judul
|
Alam Semesta yang Menakjubkan
|
2
|
Penulis
|
Firman Sujadi
|
3
|
Penerbit
|
Bee Media Indonesia
|
4
|
Tahun
|
2009
|
5
|
Kota
|
Jakarta
|
6
|
Kelemahan
|
Tulisannya terlalu kecil
|
7
|
Keunggulan
|
Gambarnya menarik dan uraian mudah
dipahami
|
Paragraf resensi
yang sesuai dengan data tersebut adalah ...
A.
Buku yang disusun oleh Firman
Sujadi ini mengupas masalah alam semesta. Buku ini diterbitkan Bee Media
Indonesia, tahun 2009. Alam semesta khususnya angkasa raya dijelaskan pada buku
tersebut dengan uraian-uraian yang sederhana. Gambar-gambar dalam buku tersebut
samarkarena tulisannya kecil-kecil.
B.
Buku yang menyingkap angkasa raya ini ditulis
oleh Firman Sujadi. Buku yang diterbitkan oleh Bee Media Indonesia ini
mulai diedarkan di Jakarta tahun 2009. Alam semesta yang maha luas ini
dilukiskan dengan gambar yang menarik. Uraiannya pun sangat mudah dipahami.
Hanya sayang tulisannya terlalu kecil sehingga merepotkan pembaca.
C.
Buku ini mengungkapkan
rahasia alam semesta. Buku yang
diterbitkan oleh Bee Media Indonesia Jakarta tahun 2009 tidak
menyertakan gambar di dalamnya. Walaupun uraian sangat sederhana sehingga mudah
dipahami tetapi kurang menarik. Hal ini diperparah lagi dengan tulisannya yang
terlalu kecil.
D.
Jarang dijumpai buku yang mengungkapkan ruang
angkasa semendetail ini. Gambarnya berwarna seolah-olah pembaca diajak melihat
yang aslinya. Uraiannya pun tidak terlalu sulit dipahami. Buku yang diterbitkan
Bee Media Indonesia ini sudah habis terjula sejak tahun 2009. Memang
buku ini tidak cacatnya.
13.
Bacalah kalimat
berikut dengan saksama!
Candi ini beridiri di Lereng
barat gunung Lawu, pada ketinggian 910 meter di atas permukaan Laut.
Perbaikan
penggunaan huruf kapital pada kalimat tersebut adalah ...
- Candi ini beridiri di lereng Barat Gunung lawu, pada ketinggian 910 meter di atas permukaan laut.
- Candi ini beridiri di lereng barat Gunung Lawu, pada ketinggian 910 meter di atas permukaan laut.
- Candi ini beridiri di lereng Barat Gunung Lawu, pada ketinggian 910 meter di atas permukaan Laut.
- Candi ini beridiri di lereng barat gunung lawu, pada ketinggian 910 meter di atas permukaan laut.
14.
Bacalah kalimat berikut dengan
saksama!
Hah Paman. Aku tak bawa uang sebanyak itu Kita ke ATM saja kata Husin
Penggunaan tanda baca pada kalimat tersebut yang tepat adalah ...
A.“Hah Paman.” “Aku tak bawa
uang sebanyak itu.” “Kita ke ATM
saja kata Husin”
B. Hah, Paman. “Aku tak bawa uang sebanyak itu,” Kita ke ATM saja kata Husin.
C. Hah, Paman. Aku tak bawa
uang sebanyak itu Kita ke ATM saja, “kata Husin.”
D. “Hah, Paman. Aku tak bawa uang sebanyak itu. Kita ke ATM saja,”
kata Husin.
15.
Bacalah kalimat
berikut dengan saksama!
Rambut
yang merupakan mahkota bagi wanita hendaknya harus dijaga setiap helainya.
Perbaikan
kalimat tersebut yang tepat adalah ...
A. Rambut
merupakan mahkota hendaknya harus
dijaga setiap helainya.
B. Rambut merupakan mahkota wanita yang harus
dijaga setiap helainya.
C. Rambut
merupakan mahkota wanita
hendaknya harus dijaga setiap helainya.
D. Rambut yang merupakan mahkota wanita hendaknya harus dijaga setiap
helainya.
16.
Bacalah kutipan
pidato berikut ini dengan saksama!
MTs. Insan Cendekia mengadakan
peringatan Hari R.A. Kartini. Kegitan tersebut selain upacara juga diadakan
lomba-lomba yang berhubungan dengan wanita. Misalnya menjahit, berbusana,
merias wajah, memasak, dll.
Paragraf pembuka pidato sesuai dengan
kegiatan tersebut adalah ...
A. Perjuangan Beliau mengangkat harkat dan martabat
kaum wanita Indonesia patut dikenang sepanjang hayat. Kita tidak bisa membayangkan
seperti apa jadinya jika wanita-wanita Indonesia hanya berada di barisan
belakang. Kini wanita Indonesia mampu menyejajarkan dirinya dengan kaum pria.
Bahkan dalam hal tertentu mereka bisa melebihinya. Tentunya dengan segala
kemampuan dan talenta yang dimilikinya.
B. Saat itu wanita Indonesia hanya sebagai
perlengkapan perhiasan kaum pria. Beliau sangat prihatin dengan keadaan tersebut. Beliau curahkan segala kegalauan
hatinya melalui surat- suratnya yang
dikirim kepada teman-temannya di luar negeri. Beliau berjuang agar harkat dan martabat kaum wanita dapat sejajar dengan
kaum pria. Perjuangan beliau tidak sia-sia kini kaum wanita Indonesia sudah menikmatinya.
C. Setiap tanggal 21 April bangsa Indonesia
memperingati lahirnya R.A. Kartini. Beliau adalah tokoh emansipasi wanita di Indonesia. Berkat perjuangan
beliau yang gigih dan tak kenal menyerah
bahkan sampai akhir hayatnya. Maka kita
sebagai bangsa yang besar akan selalu mengenang
dan meneruskan perjuangan para pahlawannya. Oleh karena itulah setiap tanggal 21 April kita peringati sebagai
Hari Kartini.
D. Inilah makna
di balik peringatan Hari Kartini. Bukan sekadar seremonial, lomba-lomba atau pertandingan-pertandingan saja. Kita
harus dapat merenungi dan bertekad dalam hati untuk meneruskan perjuangan Beliau. Karena apa yang telah
Beliau rintis saat itu merupakan perjuangan
besar bagi bangsa ini. Semoga peringatan ini akan lebih membangkitkan kembali semangat kaum wanita di Insonesia.
17.
Bacalah kutipan surat pembaca
berikut dengan saksama!
Sampah berserakan di mana-mana. Tempat sampah nyaris tidak ada.
Kusen dan kaca jendela kusam seperti rumah tua tanpa penghuni.
Kalimat surat pembaca
yang sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah ...
A. Kami sangat khawatir melihat kondisi sekolah kami. Kami belajar
tidak tenang. Kami takut sewaktu-waktu
bangunan ini menimpa kami. Tolong Pak perbaiki sekolah kami.
B. Bagaimana kami tidak sedih melihat sampah memenuhi kelas kami. Kami
belajar menjadi tidak nyaman. Padahal tong sampah hanya berjarak beberapa meter
saja.
C. Teman-teman siapa lagi yang akan menjaga kebersihan sekolah kita
kalau bukan kita. Buanglah sampah pada tempatnya. Kami pun berharap kepada Bapak Kepala Sekolah untuk menambah
tong-tong sampah lagi.
D. Sampah ini sudah menjadi musuh kita bersama. Tetapi musuh yang
paling nyata adalah diri kita sendiri. Kita belum juga sadar untuk membuang
sampah pada tempatnya. Kemalasan kita telah menjadikan lingkungan kita kumuh
dan kotor.
18.
Bacalah tema karya ilmiah berikut ini dengan saksama!
Tema: Peranan upacara pengibaran bendera dalam meningkatkan
disiplin siswa.
Rumusan masalah karya ilmiah
sesuai tema tersebut adalah ...
A. Bagaimana tata cara upacara bendera bagi siswa yang
disiplin di sekolah?
B. Bagaimana peran siswa dalam
pelaksanaan upacara pengibaran bendera?
C. Bagaimana peranan upacara bendera dalam meningkatkan disiplin siswa?
D. Bagaimana disiplin
siswa dalam berperan di upacara
pengibaran bendera?
19.
Bacalah simpulan karya ilmiah
berikut ini dengan saksama!
Masa
remaja masa di mana anak manusia mulai mencari identitas diri. Pencarian
identitas dilakukan dengan berbagai cara. Cara yang paling populer adalah
dengan mengidolakan seorang tokoh. Tokoh yang diidolakan perkataannya,
perbuatannya, dan pola pikirnya akan ikut memberi warna pada remaja tersebut.
Para
remaja akan berkata, berbuat, dan berpola pikir seperti tokoh yang
diidolakannya. Peranan tokoh idola sangat penting dalam kehidupan masa remaja.
Keluarga dan anggota-anggotanya sebagai idola remaja sangat penting perananya.
Kalimat
saran yang sesuai dengan simpulan karya ilmiah tersebut adalah ...
A.
Remaja sebaiknya jangan sering keluar rumah seperti orang dewasa.
B.
Carikan tokoh idola yang baik untuk para remaja bekal kehidupannya.
C.
Keluarga hendakanya memenuhi segala kebutuhan anak usia remaja.
D.
Keluarga hendaknya membimbing anaknya dalam mencari tokoh idola.
20.
Perhatikan data buku berikut!
No
|
Uraian Data
|
Buku 1
|
Buku 2
|
1
|
Judul
|
Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa
Indonesia
|
Teori Pengkajian Fiksi
|
2
|
Pengarang
|
Sabarti Akhdiah
|
Burhan Nurgiyantoro
|
3
|
Tahun terbit
|
1994
|
1994
|
4
|
Kota terbit
|
Jakarta
|
Yogyakarta
|
5
|
Penerbit
|
Erlangga
|
Gajah Mada University Press
|
Penulisan daftar
pustaka yang tepat dari kedua data buku tersebut adalah …
A. Akhdiah, Sabarti. 1994. Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa
Indonesia. Jakarta: Erlangga.
Nurgiyantoro, Burhan. 1994. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta:
Gajah Mada University Press.
B. Nurgiyantoro, Burhan. 1994. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gajah
Mada University Press.
C. Sabarti, Akhidiah. Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia.
Jakarta: Erlangga. 1994
Nurgiyantoro, Burhan. 1994. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta:
Gajah Mada University Press.
D. Akhdiah, Sabarti. 1994: Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa
Indonesia. Jakarta. Erlangga.
Nurgiyantoro, Burhan. 1994: Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta:
Gajah Mada University Press.
21.
Perhatikan pantun berikut!
(1) Di Madura lihat karapan
(2) [ … ]
(3) [ … ]
(4)Tua sengsara tiada guna
Larik yang tepat untuk
melengkapi pantun tersebut adalah ...
A. (2) Karapan sapi diadu lari
(3) Waktu dibuang-buang
B. (2) Di Sumbawa ada kuda
(3) Kuda benggala dari India
C.(2) Mampir sejenak di
Surabaya
(3) Masa muda disia-siakan
D.(2) Adu domba di Cianjur
(3) Masa muda sudah terlanjur
22.
Perhatikan pilihan kata pada
puisi berikut dengan saksama!
Kemarau menjulurkan lidahnya
[ … ](1) bercabang-cabang
Menjilati bumi, terbelah
Menjilati alang-alang, meranggas
Menjilati ranting, kering
Menjilati sawah, petani [ … ](2)
Kemarau memutar lidah
Porak-porandakan semua
Kata yang tepat untuk melengkapi puisi
tersebut adalah ...
A. (1) lurus, (2) susah
B. (1) luas, (2) menangis
C. (1) panas, (2) sengsara
D. (1) panjang, (2) merintih
23. Perhatikan
kutipan drama berikut.
(1)Asdiarti: Kamu mau? (mengeluarkan
sesuatu)
(2)Yanti :
Apa ini?
(3)Asdiarti: Bawalah kalau kau mau. Kau akan
memperoleh ketenangan.
(4)Yanti :
(Memandangnya lalu mengambilnya di atas meja)
(5)Asdiarti: Ambillah. Simpanlah di tasmu.
Jangan sampai kelihatan guru
kita.
(6)Yanti :
(Memandang penuh ketidakmengertian)
(7) Asdiarti: Kalau kau tak mau, biarlah kusimpan sendiri. Ini cukup mahal… (menyimpan
sesuatu itu lalu menyimpannya sendiri kembali)
Perbaikan petunjuk laku dialog (4) kutipan
naskah drama tersebut adalah ...
A. Memasukkannya ke dalam tasnya.
B. Menerima lalu diletakkan di atas meja.
C. Memandang sesuatu itu dan membiarkannya.
D. Mengambilnya satu per satu sesuatu itu
dimasukkannya.
24.
Bacalah kutipan cerpen berikut.
“Ya. Engkau makan serabi untuk
Bibi Maya,” kata ibu sambil memandanginya.
“Tidak mungkin. Bagaimana Ibu …”
“Bagaimana ibu bisa tahu, maksudmu? Tentu saja ibu tahu, Budi. Setiap
perbuatan yang tidak baik pasti akan diketahui orang. Engkau makan! Yaa atau
tidak?” tanya dengan lembut.
Budi tercengang memandang ibunya.
Ternganga mulutnya keheranan.
“Budi, yaa atau tidak? Haruskah
ibu tunjukkan buktinya?”
Budi tetap keras kepala. Dia
menggeleng keras-keras.
“Eh, engkau mau lihat surat Bibi
Maya?” Pucat dia.
“Ya atau tidak?” kali ini ibu
sungguh-sungguh marah. “Kau ambil, bukan?”
Budi mengangguk takut-takut.
Naskah drama yang sesuai dengan
kutipan cerpen tersebut adalah ...
A. Budi : (terdiam tidak berkata sepatah kata pun)
Ibu :
Engkau makan! Yaa atau tidak? (suara lembut)
Budi :
(terdiam dan tercengang)Ya, Bu. (suaranya pelan)
Ibu :
Budi, yaa atau tidak? Haruskah ibu tunjukkan buktinya?
Budi :
Ya, Bu (suaranya lebih keras)
Ibu
: Eh, engkau mau lihat surat
Bibi Maya?
Budi :
Bu, aku pucat.
Ibu
: Ya atau tidak? (mulai marah)
Kau ambil, bukan?
Budi :
(mengangguk takut-takut)
B.
Ibu : Engkau makan serabi
untuk Bibi Maya.
Budi :
Tidak mungkin. Bagaimana Ibu …
Ibu : (memotong) Bagaimana ibu bisa
tahu, maksudmu? Tentu saja ibu tahu Budi.
Setiap perbuatan yang tidak baik pasti akan diketahui orang. Engkau makan! Yaa
atau tidak? (suara lembut)
Budi :
(terdiam dan tercengang)
Ibu :
Budi, yaa atau tidak? Haruskah ibu tunjukkan buktinya?
Budi :
(menggelengkan kepala)
Ibu :
Eh, engkau mau lihat surat Bibi Maya?
Budi :
(wajahnya pucat)
Ibu :
Ya atau tidak? (mulai marah) Kau ambil, bukan?
Budi :
(mengangguk takut-takut)
C.
Ibu : Engkau makan serabi
untuk Bibi maya?
Budi :
(terdiam tidak berkata sepatah kata pun)
Ibu :
Engkau makan! Yaa atau tidak? (suara lembut)
Budi :
(terdiam dan tercengang)Ya, Bu. (suaranya pelan)
Ibu :
Budi, yaa atau tidak? Haruskah ibu tunjukkan buktinya?
Budi :
Ya, Bu (suaranya lebih keras)
Ibu :
Eh, engkau mau lihat surat Bibi Maya?
Budi :
Bu, aku pucat.
Ibu :
Ya atau tidak? (mulai marah) Kau ambil, bukan?
Budi :
(mengangguk takut-takut)
D. Ibu : Engkau makan serabi dengan Bibi Maya.
Budi :
Tidak mungkin. Bagaimana Ibu …
Ibu
: (memotong) Bagaimana
ibu bisa tahu, maksudmu? Tentu saja ibu
tahu, Budi. Setiap perbuatan
yang tidak baik pasti akan diketahui
orang. Engkau makan! Yaa atau
tidak? (suara lembut)
Budi :
(terdiam dan tercengang)
Ibu :
Haruskah ibu tunjukkan buktinya kepada Budi?
Budi :
(menggelengkan kepala)
Ibu :
Eh, engkau mau lihat surat Bibi Maya?
Budi :
(wajahnya pucat)
Ibu :
Ya atau tidak? (mulai marah) Kau ambil, bukan?
Budi :
(mengangguk takut-takut)
25. Perhatikan
kutipan naskah berikut!
Satilawati :
Tidak ada sebab yang lain?
Ishak :
(kemalu-maluan) Tentu ada. Engkau cantik.
Satilawati :
[ … ](1)
Ishak :
Itu yang akan kuceritakan kepadamu sekarang. Aku dalam bahaya.
Satilawati :
Bahaya apa?
Ishak :
Aku mungkin dipandang pengkhianat oleh rakyat.
Satilawati :
Karena apa?
Ishak :
[ … ](2)
Satilawati :
Romanmu itu, maksudmu?
Ishak :
Ya, “Hari ketiga Nippon di Indonesia”
Satilawati :
Mengapa? Sudah diterbitkan, bukan?
Ishak :
Ya, semua hartaku telah habis kujual untuk menerbitkan buku itu. Rugi semata.
Dialog-dialog yang tepat untuk melengkapi
naskah drama tersebut adalah ...
A. (1) Akan ke mana engkau pergi
(2) Karena aku mengarang
B. (1) Tetapi mengapa?
(2) Karena wajahku.
C. (1) Tapi mengapa engkau pergi?
(2) Karena karanganku.
D. (1)
Engkau akan ke mana?
(2)
Aku mengarang.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar